Thursday, May 14, 2015

Kisah Galau Milih Vendor Photography

Ini adalah cerita yang udah lumayan lama, hehe maaf ya males update. Cerita ini terjadi saat pengetahuan gue tentang pemilihan vendor phorography wedding masih culuuun banget. Karena emang belom ada niat buat nyari juga. Gue cuma tau kalo vendor photography itu mahalnya sampe 20an mio. Lalu kejadian lah di suatu hari minggu di awal bulan maret tapi lupa dah tu tanggal berapa, pokoknya dari pagi buta gue ama Riski udah berangkat ke daerah Car Free Day di sekitaran Bunderan HI sana karena Riski ada tugas jaga booth dari kantornya, kelar jam 11 langsung cabut ke Sanggar Diamond di daerah Pejaten buat first survey yang akan gue ceritain nanti. Abis dari situ kita langsung cabut ke Living World Alam Sutera karena lagi ada wedding fair. Ga gitu rame dan lengkap sih wedding fair nya kaya di JCC kemarin, tapi mayan lah.. Kita awalnya cuma pengen liat-liat iseng sambil lebih fokus ke nyari salon/sanggar tapi ternyata wedding fair nya lebih bertema internasional dimana mostly vendor salon/sanggar nya itu ya bridal salon yang ga punya kebaya dan keperluan nikah tradisional. Hopeless nyari sanggar atau salon yang lebih bisa tema adat tradisional, akhirnya kita nyari vendor lain aja yaitu photography.

Carol Bridal Photo adalah vendor photography yang menarik kita untuk berlama-lama di stand nya pada waktu itu. Banyak banget penawaran menarik yang di tawarkan sebagai promo dan bonus pameran. Si marketing dan juga photographer nya yang bernama Ipang Tapal waktu itu aktif banget ngebujuk kita buat pake jasa photography nya untuk pre-wedding dan juga dokumentasi wedding kami. Kita yang tadinya iseng ngeliat sekilas doang dan mau langsung cabut malah jadi kepaksa duduk dan kemakan rayuan nya. Mas Ipang bilang kalo dia adalah photographer profesional yang sudah berpengalaman kerja di vendor-vendor photography ternama di Jakarta, dia mengaku sering terlibat dalam pemotretan di ajang miss Indonesia something, dia juga mengaku kalo wedding clip nya Dian Pelangi yang pernah saya liat bagus di youtube itu adalah karyanya tapi karena dulu dia kerja sama orang jadi tidak boleh meng-copy atau mengklaim sebagai karya nya sendiri. Lalu dia bilang baru sekarang ini lah dia berdiri sendiri bangun usaha photography bersama teman-temannya. Pokoknya buanyaaaak sekali deh omongannya mas Ipang ini hingga bikin kami merasa tergiur. Di tambah lagi paket dan harga yang di tawarkan emang menarik banget! Berikut detail hasil nego dengan dia ya:

Paket photo prewedding: 5 mio
20 best photo edit
1 Album 10 Sheet (20 Halaman) Ok. 20x30cm
Make Up + Hair Do selama sesi pemotretan
1 Gaun Pengantin + 1 Jas Pengantin untuk Photo
2 Gaun malam untuk photo
Casual dari customer
Charge lokasi dan transportasi ditanggung customer
1 DVD all shot
1 Kanvas Uk 50x70cm + Frame

Paket dokumentasi: 5,5 mio
1 Photographer
1 Cameraman DSLR 60D
2 Album 10 Sheet (20 Halaman) Ok. 20x30cm
1 DVD Liputan

Bonus:
Video Love Story for Pra wedding session
Video SDE
2 buah music box (bisa di masukin cetakan 4R buat di pajang di gallery photo pas acara katanya)
1 buah benner (nego, jadi dapet 2 kanvas Uk 40x50 +  frame aja buat preweddingnya)

Kalo di pikir-pikir manarik banget kaan? soalnya di wedding fair JCC kemarin sempet nanya-nanya juga ke vendor photography dan mereka menyebutkan price diatas 20 mio semua. Udah gitu ga ada satu pun yang nyanggupin bikinin kami Same Day Edit (SDE) video walaupun menambah bayar dengan harga SDE sekitar 3-5 mio, karena waktu acara kita yang terlalu tight yaitu akad jam 8 dan resepsi jam11. FYI, SDE adalah video edit rangkaian acara akad untuk di tampilkan pada saat resepsi di big screen. Mereka bilang kalo waktunya terlalu tight gitu, jadi takut kehilangan moment yang lain karena sibuk ngedit. Karena minimalnya pembuatan SDE itu memerlukan waktu lebih dari 4 jam jarak acara, misal akad pagi dan resepsi malam. Nah, ini Carol Bridal Photo kok malah nyanggupin, dan gratis bok! gimana gak tergiur cobaaa? Lalu di bilang lah kalo semua bonus hanya berlaku selama saja, which is musti DP sekarang 30%. Ergh, lumayan juga yaa, gue kan type orang yang kalo mau beli barang itu mesti mempertimbangkan dan mencari review nya dulu, jadi gue sempet bilang "nanti dulu deh, minta pendapat dan dana nya dulu sama ortu, kalo emang oke minngu depan saya mampir ke gallery nya sekalian DP" Lalu dia bilang "yah kalo gitu mah bonusnya beda lagi, ini kan cuma bonus pameran, udah DP aja dulu 500rb, baru minggu depan main ke gallery sama ortunya bayar full DP 30% nya" lalu gue pikir oh yaudahlah kalo gitu, daripada nyesel kan lumayan banget penawarannya. Biar cepet juga udah cape banget keluar rumah dari pagi buta sampe sore, yaudah gesek dah tu 500rb.

Besok nya sampe seminnggu kedepan tiap ada waktu senggang di kantor gue browsing abis-abisan tentang Carol Bridal Photo, mas Ipang Tapal dan juga segala hal tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan vendor photography. Gue jadi ngerti deh gimana sih kualitas photography yang bagus dalam segi service dan karya dan juga range harganya, lalu gue pun mulai ragu dengan vendor ini karena gue ga menemukan banyak bahasan atau review tentang Carol Bridal Photo dan juga mas Ipang Tapal. Ya oke emang Carol Bridal Photo baru, tapi masa mas Ipang dengan segala omongan manis nya yang menggambarkan kalo dia adalah photographer profesional dan ternama sejak dulu kok ga ke rekam sama sekali ya eksistensi dan karya nya di dunia maya. Saya hanya menemukan account pribadinya di FB dan youtube yang buat saya berkomentar "udah gini doang?" yah, menurut saya ga sinkron lah dengan smua omongan besar nya kemarin. Untuk memastikan dan menenangkan jiwa, saya watsapp orangnya langsung sekalian jawab pertanyaan dia yang minta konfirmasi jadi datang ke gallery untuk bayar sisa DP ga. Dan di luar dugaan jawabannya ga enakin gitu, terkesan emosian dan sombong. WTF dude, i'm your customer..! Sebagai lulusan jurusan bisnis gue familiar banget dengan quotes "pelanggan adalah raja" did you? katanya profesionaal mas.. apa salahnya kalo bilang gue ragu? kenapa ga bisa jawab dengan tenang dan meyakinkan sehingga bisa menenangkan dan menghilangkan keraguan gue? 

Jadi dengan begitu gue makin fix ragu dong yaa.. langsung deh gue curhatin semuanya ke Riski dan nyokap. Nyokap lempeng aja bilang "yaudah kalo emang ragu tinggalin aja, gausah disamperin lagi, cari yang emang bagus dan ga meragukan, budget bisa di sesuaikan asalkan emang yakin bagus dan sesuai" nyokap gue emang paling oke deh, langsung tenang gue, Love you Ibu. Abis itu giliran Riski yang ikutan kesel baca chat gue sama mas Ipang dan denger cerita hasil browsingan gue tentang penilaian photography profesional beneran. Dia pengen banget tetep nyamperin mas Ipang itu buat sekedar ngomel dan batalin kontrak. Tapi sayang karena paginya ada perlu dulu jadi ke sorean deh ga sempet ke Carol, dan jadinya gue watsapp aja mas Ipang nya dengan sopan dan panjang lebar minta maaf juga karena ga bisa jadi dateng dan gajadi pake jasa photographynya, soal DP pun kami ikhlaskan. Lalu cuma di bales "Oke mba kalo gitu, Thanks ya" -______________-

Tapi guys, biar bagaimana pun postingan gue ini hanya sekedar mengisahkan pengalaman galau gue ya, gue ga bermaksud menjelekan apalagi sampai memutus rezeki vendor ini. Gue ga bisa bilang bagus atau ngga hasil karya ataupun review kepuasan kerjasama dengan vendor ini setelah pemakaian karena gue emang gajadi make dia. Tapi gue lebih baik mengikuti feeling keraguan gue aja deh dari pada nyeselnya belakangan dan lebih sakit lagi. Buat yang kebetulan baca ini karena lagi cari referensi atau review tentang vendor ini, jangan di telan bulat-bulat ya, silahkan pertimbangkan juga referensi dari yang lainnya karena sekali lagi ini hanya tentang keputusan dari keraguan gue, bukan berati vendornya yang jelek juga kan, siapa tau gue salah. But i still choose happy to follow my feeling hehehe :)

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Jika sedang mencari Paket Pernikahan Di Tangerang zanita wedding mempunyai beberapa paket dengan harga yang terjangkau.

    ReplyDelete