Thursday, May 21, 2015

(Random) Update Tentang Menghadiri Nikahan yang Pake My Vendors

Moody banget ya gue update blog ini, kalo lagi rajin bisa bertubi-tubi post seharian, dan kalo lagi males ya ngilang, hehe maaf ya. Tapi nyiapin nikah nya ga moody kok, tiap weekend adaaa aja yang di urus, termasuk dateng ke nikahan orang kerena di undang vendor. Dan gue tetep pengen ngerekam dan ngeshare itu semua. Makanya gue buat posting agak random ini, yang maksudnya nge-rapel semua review vendor gue yang sempet gue liat performnya di nikahan orang, karena gue ga se-rajin capeng lain yang bikin review nikahan orang lengkap banget pake foto-foto satu postingan sendiri. Tapi ya itu tadi, maklum aja ya kalo reviewnya se-ada-nya dan se-ingetnya aja. Dan FYI, nikahan yang gue datengin ini juga pada di Dome dan pake nya vendor dekor D'Blumen, sekalian lanjutin posting sebelumnya.

Pertama kali dateng diundang vendor  yaitu Dome Harvest sendiri, waktu kita mau sekalian DP gedung, tadinya mau dateng sama ortu gue sekalian, tapi mendadak ga bisa mereka, akhirnya berdua aja. Nikahannya semi traditional, cewenya berkebaya. cowonya berseragam tentara or militer something. Cateringnya Yvonne. Dekorasinya D'Blumen. Waktu itu kita ga terlalu merhatiin segala macemnya, cuma ngeliat acara dari balkon Dome di lantai 2, lalu ke ruang mas Jonas di lantai 2 deket ballroom acara yang keliatan sesak banget buat nge-DP-in Dome, trus balik deh gapake testfood acan karena Riski jg lagi kurang enak badan waktu itu pengen buru-buru balik. Garis besar atau yang bisa due simpulkan di acara waktu itu adalah penuh sesak banget bok acaranya gue liat dari atas, sampe-sampe banyak terlihat piring kotor di bawah lantai, gue heran juga ni apa ga di sediain meja piring kotor bingit ya? Dekornya juga terlihat biasa banget, gue sih ga suka ya, pelaminan pake kain serut gitu kesannya jadul dan ga elegan (Sorry, IMHO), untung ketolong sama gedung Dome yang emang udah megah. Catering no comment karena ga nyoba, cuma terkesan jorok karena piring kotor yg berserak itu. Entertainment ga merhatiin dan gatau siapa. Tapi setelah ngobrol lagi dengan pihak dekor dan mas Johnas, ternyata acara ini tergolong kacau karena undangan membludak tidak seperti yang di infokan awal 600 undangan, ternyata 800 undangan yang dateng, dan dekor terlihat sangat sederhana karena emang ga upgrade banyak. Just it deh. Oiya sempet moto sih disini, itu juga disuruh mas Johnas, ahaha, jd cuma dikit ni gue cantumin deh di bawah:




Kedua, dateng di Dome lagi lengkap sama ortu gue dan juga ortu Riski ber-enam sekitar sebulanan kemudian. Cateringnya Viantini, dekorasinya D'Blummen, Entertainmentnya bawa sendiri dari bandung gatau siapa tapi gue akuin baguuus! bokap gue ampe request pengen yang ini tapi ya kali deh udah book sama Muse Entertainment kan..  Kalo cateringnya enak aja ga sampe enak banget dan terngiang-ngiang dan kepengen pake catering ini juga, tapi kalo yang peling enaknya sih soto nya kata mama Riski tapi gue ga nyobain. Untuk dekor yang ini gue suka, kelihatan lebih elegan, karena temanya lebih internasional juga kali ya, pengantinnya pake gaun putih gitu. Tapi warnanya terlalu soft jadi terkesan pucet pelaminannya, salem/peach kombinasi putih, kalo dekor photoboothnya lucu sih. Tapi sayang sekali disini kita lupa motoin karena lebih sibuk makan, nemenin ortu keliling, dan meeting sama orang dekor juga. Jadi segitu aja ya reviewnya, hehe.

Ketiga, dateng lagi di Dome dan cuma berdua sama Riski dua minggu kemudian karena acara ini themanya lebih traditional, pake gebyok putih gitu yang vendornya dekornya D'blumen lagi. Cateringnya pake Christ Iwan, dan Enterteinmentnya pake Muse seperti gue, aha! banget kan, cukup semangat nih gue waktu dateng sampe jam6 udah disana padahal acara mulai jam7. Tapi bagus juga, jadi masih bisa keliling-keliling disaat gedung masih sepi dan semuanya masih terlihat cantik. Dan emang ini dekor tercantik menurut gue, thema warnanya mint, awww daku syukaaa deh! sempet pengen di bikin kaya gini juga dekornya tapi upgrade harganya lumayan, hiks. Cateringnya juga terenak diantara yg dua kemarin, hm jadi agak nyesel kenapa gapake catering ini.. Yang gue makan tuh ya; kambing guling enak dan porsi banyak banget walau bau kambing masih agak berasa., siomay nya enakkk banget rasanya ky dimsum dan gede2. buffetnya juga enak2 apalagi ya? lupaa ahaha. Kalo soal Muse Entertainment, agak mengecewakan nih, PIC nya ga ngegubris gue sm skali padahal udah sampe di panggilin mas Johnas. trus suara singer nya juga biasa aja, kebanting banget sama temennya pengantin pas nyumbang lagu. Tapi sounsystem dan permainan alat music lainnya menurut gue well done. Disini gue lumayan banyak moto walau pun ga detail juga, kelupaan moto dekor photoboothnya aaak pdhl baguss. So just cekidot these photos:



Kalo di pikir-pikir kok gue dateng nya di Dome mulu dan catering nya ga ada yang make vendor gue ya? Padahal kan biasanya lebih sering di undang sama vendor catering ya untuk TestFood (TF) ? Nah itu diyee.. Sempet sebel jg tuuh gue sama Mas Abby, PIC gue di Dwiputra Catering yang rasanya pasif banget dalam follow up gue, lebih sering gue yang nanya untuk TF daripada dia yang ngajak, dan sue nya lagi mereka lebih sering perform nikahan di daerah Jakarta Timur dan Utara, beuh males juga ya bok jauh-jauh bingit. Akhirnya gue minta TF di salah satu restorannya di daerah BSD aja seperti yang di janjiin dulu "gampang kalo mau TF bisa di resto kita" tapi ternyata agak susah juga ni mintanya karena ternyata kalo mau TF di resto itu hanya saat finalisasi nanti aja, dimana akan disajikan all menu yang kita pesan disitu, wtf, kok beda ya sama omongan dulu yang menggampangkan kalo mau TF which is itulah yang menjadikan salah satu alesan kita milih ini vendor. Tapi akhirnya setelah sedikit berdebat, di jabanin juga deh TF di restonya, pernah juga TF sekali di nikahan orang di Vida Ballroom. Review lengkap nya di next posting aja yaa. See you!

Bingungnya Memilih Vendor Dekorasi

Cerita kegalauan selanjutnya adalah ketika memilih vendor dekorasi. Dari harga paketan gedung Dome Harvest yang gue ambil, gue dapet jatah budget 20mio untuk urusan dengan vendor dekorasi ini, tapi ternyata setelah di teliti lebih jauh budget segitu masih standart banget bangeett bok. Emang sih gedung gue udah bagus ga  meski banyak dekor yang heboh gimana, tapi ya ga sepi-sepi banget juga kali ya, malah jadi kebanting bukan nya? 

Dan setelah gue browsing-browsing sampe pusing, ternyata emang budget dekorasi wedding ini buesaar juga yah! adaloh yang untuk dekor nya doang abisnya ampe ratusan juta.. padahal venue nya tu udah yang di hotel ritz calton, hotel mulia yang harusnya emang udah cakep tanpa dekor heboh banget kan ya? errgh atau justru venue nya itu yang bikin dekor nya mahal? entahlah.. yang jelas gue pribadi sih ogaaahh banget ngebisin duit sampe segitunya cuma buat di pajang selama 3 jam, ih ga relaaa gilaa, mending abis selesei acara semua properti dan bunga-bunga boleh di bawa pulang, ya kan guee gamau ruginya keliatan, ahaha.

Gue sih lebih rela spare budget lebih di catering ya, meskipun sama-sama buat di nikmati selama 3 jam, tapi kan bisa di bawa pulang hasilnya jadi gizi, apa sih alesan gue ini zzzz, ya pokoknya gitu lah ya, kalian juga pasti setuju ya kan? *maksa, huahauaha. Maaf guys, mungkin ini akbiat stress hunting vendor dekorasi di Jakarta dan sekitarnya yang mostly start from 35 mio! ajegileee kan..

Pernah waktu gue first survey ke Diamond Wedding Service yang niat awalnya mau pake jasa sanggar diamondnya aja, tapi begitu tau Diamond bisa dekor juga, gue request dong ke mas Johnas gimana kalo dekor gue pake Diamond sekalian, karena keliatannya bagus dan affordable kalo mau di patokin liat dari PL sanggarnya. Tapi dong ternyata pas ngobrol langsung sama orang Diamond nya yang hanya mengira-ngira dari gedung Dome yang di gambarkan mas Johnes via telfon (belom survey) di patok harga 85 mio sajaaa sodara2! Berasa di patok juga gue dengernya, haha..

Besoknya gue langsung gue browsing dan hunting membabi buta vendor dekor yang murah tapi harganya sepertinya ga gila, lalu di temukanlah beberapa candidat yang langsung gue email satu-satu. Ada yang langsung membalas lengkap dengan PL, ada yang bales dengan main patok harga aja, ada juga yang ga bales sama sekali. But mostly yang bales cuma sekedar bilang karena belom pernah perform di gedung gue, mereka minta waktu untuk survey dulu atau minta di kirimin layout gedung nya, euhh remong ye mpok!

Beberatpa vendor (iya beberapa aja ya, perasaan banyak tapi gue lupa, intinya di inbox email cuma nemu ini, ya berarti yang lainnya no response) hasil hunting gue adalah..

1. Jonquilla Decor
Vendor ini cuma bales tanggal segitu mereka masih available, belom pernah make Dome, minta layout gedung nya, daaaan yang amazing adalah kata-kata "Untuk di luar kota, kita ada minimum revenue di 60 juta" wait, what? yasalamm deh..!

2. Janur Kuning Dekorasi
Sempet email-email an cukup panjang, mantep berati ya pelayanannya. Walau pun ujung-ujung nya mereka tetep minta waktu dulu untuk survey lokasi karena ga berani matok harga tanpa liat lokasi dan bilang kalo sudah gue akan di hubungi. Tapi sampai sekarang ga ada tuh. Sayang sekali, padahal gue suka dan lokasi office nya juga masih dekat dengan Tangerang yaitu di bilangan kebon jeruk.

3. Sulthan Dekor
Saking naksirnya sama vendor ini karena lagi-lagi pengaruh review capeng lulusannya, gue ga pake email tapi langsung gue watsap orangnya karena berharap response nya cepat dan exicted seperti gue. Tapi sayang tidak seperti yang gue harapkan. 11-12 dengan Janur Kuning, dia cuma minta waktu survey dan tak lagi berkabar hingga detik ini,huft.

4. Safira Maharani Decoration
So far ini yang paling top dari segi layanan sih, mau nanggapin n ngobrol via email panjang lebar, mau bikinin quotation dan PL walau hanya dari penjelasan dan contoh foto Dome yang gue kasih tanpa harus nunggu survey dan PHP, dan sampai weekend kemarin pun masih rajin ngundang gue ke nikahan untuk liat performnya. Dari hasil liat di web nya sih bagus-bagus ya gue suka. Kalian bisa cek sendiri di www.safiramaharanidecoration.com. Harga yang di tawarin di quotationnya mencapai 45 juta, hm masih lumayan sih.

Oke, dari pada pusing-pusing sendiri akhirnya gue milih curhat panjang-lebar aja sama wedding consultant gue tercinta itu si Mas Johnas kalau gue galau banget sama urusan dekorasi ini, gue ceritain dah tu kalo gue gamau sampe nambah banyak banget untuk dekor ini, udah cukup budget gue bengkak karena nambah banyak di catering, tapi gue juga gamau dekor yang terlalu standar. Dan gue ngerasa ga PD sama vendor dekor rekanan Dome karena selain kebanyakan namanya ga familiar jadi ga bisa mantau review performnya, tapi juga karena takut pada matok harga tinggi-tinggi lagi kaya Diamond itu, eyke trauma bok.

Kelar curhat panjang, mas Johnas nenangin dan ngasih rekomen dua vendor dekor rekanan Dome yang bisa memenuhin keinginan gue yaitu bagus walaupun tanpa harus upgrade banyak. Mereka adalah Indo Dekor dan Ethee Dekor, ga familiar kan ya nama nya di dunia perdekoran wedding? Awalnya gue minta mas Johnas buat hubungin gue dengan Evlin Dekor dan Lily Vicky, asli cuma dua vendor ini yang familiar dari semua rekanan dekor Dome, tapi mas Johnas langsung nolak, katanya kalo sama mereka bakal syah gue nambah upgrade nya buanyak, hua oke, demi hemat gue nurut.

Sampai detik ini yang ngehubungin gue adalah Indo Dekor, Esthee Dekor gatau kemana rimbanya. Gue watsapan sama Indo Dekor ini orangnya baik dan enak diajak diskusi, harga juga ga gila-gila amat tapi emang jadinya juga masih kurang bagus menurut gue, terlalu simple dan sepi jadi dekornya. Ga puas begitu, gue browsing lah review performa nya Indo Dekor ini, dan surprisingly, gue menemukan banyak bad review nya especially di weddingku.com. sampai account vendornya sendiri seperti sudah di non aktif-kan. Kontan gue langsung lapor ke mas Johnas. Dan mas Johnas berterimakasih sekali atas info yang gue kasih. Karena emang sebenernya Dome baru-baru ini menjaring rekanan dekorasi, selama ini Dome hanya menggunakan vendor dekorasi andalan nya bernama bu Anna yang menyandang brand D'Blumen Dekorasi. Masih ga familiar juga sih dengan brand nya. Tapi kisahnya akan gue ceritain di lain post. Intinya karena baru rekanan dengan vendor dekor yang lain nya, mas Johnas coba bagi-bagi job, apesnya gue kebagian yang begitu. Belom sampe apes sih karena alhamdulillah gue teliti dan ketauan. Mas Johnas jadinya trauma dan gamau ngasih gue yang macem-macem lagi, finally dia langsung agak maksa gue make D'Blumen aja. Gue minta nyari vendor baru sendiri pun ga di kasih. Karena dia bilang biar aman, "karena D'Blumen ini udah kaya yang punya Dome, sering banget megang Dome dari awal Dome ada untuk wedding. Jadi di jamin bagus dan ga perhitungan. Di luar Dome emang dia pasang harga tinggi, tapi di Dome beda, apalagi ntar aku bujukin deh. Pokoknya rekomended buat kamu, aku mau berterima kasih sama kamu atas info vendor tadi, jadi aku mau bantu banget urusan dekor mu ini. Aku gamau kamu jadi kelinci percobaan vendor rekanan yang baru-baru lain nya yang belum tentu menguasai area gedung Dome" begitu kurang lebih kata-kata nya mas Johnas yang sukses bikin gue tenang.

Apalagi setelah gue ketemu dengan bu Anna ini pun orangnya baik dan enak banget ngobrolnya. Typical ke ibuan yang sabar banget waktu gue curahin kemauan gue yang banyak. Kita ketemuan di Central Park sepulang gue kerja waktu itu. Disitu gue diliatin se-abrek foto di laptop nya hasil dia perform dan bagus-bagus bangeet! Bukan yang ecek-ecek gitu, keliatan classy bok. Rasa nya gue googling juga susah nyari yang begitu fotonya buat inspirasi, ah pokoknya sukaa! I think the only reason brand D'Blumen ga se-happening vendor dekor 'wah' lainnya adalah karena bu Anna sama sekali tidak menyentuh dunia internet. Strategi marketingnya hanya dari mulut ke mulut. Udah gue bilang kan tadi typical nya bu Anna ini emang yg ke-Ibu2-an banget? thats it. Tapi aslinya, dia sering kolaborasi sama vendor dekor ternama dan sering perform juga di ritz calton dan hotel mulia. Beberapa kali juga gue udah liat perform nya di Dome langsung dan oke. Gue ceritain di next posting ya. Alhamdulillah kelar sudah galau-galau milih vendor dekor ini. Dan smoga hasilnya memuaskan yaa.. Ammiinn..!!

Anyway, makasih yaa udah mau baca panjang-panjang :)


Wednesday, May 20, 2015

(Photography) Larva Pictures

Seperti yang udah gue ceritan di postingan sebelumnya, kalo finally gue memilih Larva Pictures sebagai vendor photography di wedding day dan juga untuk photo pre-wedding gue. Pertimbangannya juga mungkin sedikit banyak udah gue bahas, dimana meskipun dengan budget yang tight, gue tetep mau concern dengan hasil photography yang bagus dan videography cinematic yang berkesan sebagai hal yang bisa di kenang hingga tua dan satu-satunya hal yang tersisa dari kehebohan persiapan acara 3 jam tersebut.

Dan bismillah gue percayakan Larva untuk mewujudkan keinginan gue itu. Karena pas gue ketemuan sama mba Vera san Mas Gelar, suami istri sang owner sari Larva, gue langsung ngerasa sreg. Mereka masih muda, humble, asik banget orangnya dan insyAllah pasti akan terjun langsung saat acara. Jadi yakin aja dengan cara dia menjelaskan semuanya bahwa meskipun harga mereka affordable, tapi mereka tetep concern dengan kualitas kerjanya. Kagum juga sama mereka yang sama-sama berani ngelepas kerjaan a.k.a comfort zone nya saat baru nikah untuk 100% sama-sama ngejalanin bisnis photography ini. Ini juga cita-cita gue banget sih sebenernya, pengen banget jadi pengusaha berdua suami gitu, tapi sepertinya gue ga se-berani mereka..sekarang, mungkin nanti..aamiin!

Selain perasaan percaya dan koneksi yang terasa nyambung dengan orangnya, tentunya juga gue mempertimbangkan kualitas hasil karyanya dong ya. Waktu ketemuan itu gue dateng ke Sency sendiri karena Riski lagi tugas di Lenteng Agung nan jauh. Disitu mereka cukup banyak bawa contoh album dan kasih liat viedo di laptop dan menurut gue bagusss, walaupun menurut gue agak kurang colourful seperti selera gue, tapi mereka bilang soal warna itu bisa di request, belakangan ini tren nya emang efek warna pucat-kekuningan yang berkiblat pada lemotion photography, ah ga gitu ngerti sih gue tentang photography ini pokoknya gue udah request pengen yang colourful and elegant aja, tapi satu hal yang gue suka adalah video cinematik nya Larva, sangat menyentuh bokk, ampe terharu nontonnya. Buatin yang gitu juga ya mas Gelar ;D

Gue ga banyak nego harga lagi waktu itu. karena emang udah termasukk yg affordable banget dibandingkan dengan kualitas dan output yang di dapet. Errgh sempet nego sih, karena sebenernya paket yang mau gue ambil masih melebihi budget, udah di kurangin kasih diskon jg sama mereka, tapi tetep masih belom masuk kak kalo di itung-itung sama buat charge lokasi, duit transportasi dan printilan kostum/aksesorisnya.. Akhirnya gue yang ngalah deh dengan ambil paket yang lainnya yang masih in budget tapi dengan nego nambahin bonus. Di bawah ini gue coba jabarkan apa aja yang gue dapet dari Larva dengan total budget 13,5 juta all in ya:

Prewedding Package 1

1 Photographer

2 Photo Canvas 40x60cm With Frame

6 Pcs mini frame 4Rx4pcs and 5Rx2pcs

1 Album 20x30cm-20 pages

1 Make Up & Jilbab stylist max. 8 Hours

DVD photos


Sweet Package (1 Day Akad Nikah & Resepsi) 

2 Photographer

1 Videographer

1 Album 30x30cm - 22 pages, with suitcase/cabinet

1 Photo Canvas 40x60 with frame

1 Photo Print 30x40 with frame

2 Copies DVD

Mini Studio Set

Max 60 minutes duration cinematic video edit

max.7 minutes duration wedding highlight


Bonus

Online Invitation Max.15 Second duration

Slide Show pre wedding photos


Bener kann yang gue bilang affordable? ehh belom liat ya hasil jepretannya? cekidot nih dibawah gue tarik beberapa dari webnya. Tapi gue saranin supaya lebih puas main langsung gih ke web nya di larvapictures.com kepoin juga instagram dan youtubenya.





Sekiaann dulu yaa. Eh tapii baru-baru ini gue kepikiran pengen nambah make Larva untuk mendokumentasikan acara siraman dan pengajian gue sama nambah album wedding juga, masa dapetnya satu bingit yaa. Kan idealnya 1 album akad dan 1 album resepsi bukan? makanya lagi gue coba rundingin dan nego lagi nih sama mba Vera, doakan yaaa guys.. ;)

Friday, May 15, 2015

Daftar Pilihan Vendor Photography Wedding Jakarta dan Sekitarnya

Gue rasa pemilihan vendor photography ini yang paling drama di antara pemilihan vendor-vendor lain nya deh, smoga ga ada yang lebih drama dari ini, Aamiin. Setelah kisah kegalauan gue memilih vendor photography di post sebelumnya, gue langsung lebih memperdalami pengetahuan tentang photography wedding dengan lebih sering browsing dan hunting vendor yang qualified menurut gue, dan budget tentunya, ahahahaaha.

Saat proses hunting itu gue membabi buta banget deh bok, sampe gue email-in buanyaak banget vendor photography wedding buat mintain Pice List nya, beberapa juga gue watsapin dan ajakin ketemuan langsung. Pokoknya numpuk deh tu PL vendor-vendor di folder photography di laptop. Nah, gue coba sharing disini deh ya mumpung kerjaan lagi santai. FYI, gue mencari vendor photography ini untuk keperluan liputan wedding dan juga pra wedding. Oke, Gue bahas berdasarkan abjad aja deh yaa, bingung asli pas buka folder nya banyak banget, dan gue bahas sekilas aja ya gapake pajang contoh hasil photonya juga, untuk lebih detail bisa langsung menuju web atau hubungi Contact Info nya aja atau kalo mau PL nya bisa PM gue :)

Alienco Photography
Dapetnya dari hasil ikutan rumpi di forum media online, sepertinya vendor ini adalah pendatang baru yang lagi naik daun, ngehits abis bok! Dan setelah gue stalkingin web dan instargam juga emang gue akuin bagus-bagus ya hasil karyanyaa.. Ga cuma bagus malah, gue bisa bilang ada sesuatu yang beda disetiap jepretannya, unik aja gitu, asli gue naksir berat bok! Review dari para lulusannya juga bikin ngiler. Saking naksirnya gue udah watsapan juga sama salah satu ownernya mba Renny buat minta ketemu, tapi karena waktunya lagi ga memungkinkan waktu itu jd nego via watsap dan di kirimin langsung penawaran nya asli fast response abis dan seneng masih masuk budget. Range harga 2015 untuk paket prewedding nya 3,9-5,5 mio dan paket wedding 8,9-15 mio.
Tapi sayang beribu sayang.. karena belum sempet mulu ketemuan dan gue udah keburu ketemuan sama vendor lain yang kualitas dan harganya 11-12 sama Alienco, gue jadi berpaling, huhu maaf yaa. Mungkin ini yang di sebut jodoh-jodohan dengan vendor. Tapi saat gue bilang gajadi make Alienco pun mba Renny ini masih ramah banget jawabin watsapnya. Buat yang masih nyari, cobain deh cek, me recommend this! hihi.

Alienco Photography
Phone/WA mba Renny: 0812-8464361 | Mail: alienco.photography@gmail.com | Pin: 27C6BE20 | Web: www.alienco.net 

Colorful Indonesia Photography
Dapet blog cape info tentang colourful dari salah satu blog capeng yang gue lupa tepatnya siapa hehe maaf ya. Tapi reviewnya dia bikin ngiler deh kayak yang puas danget dan emang keliatannya juga hasilnya bagus sih, as they name so colourful! PL nya aja lucu banget colourful gitu seperti tema circus. Truss video cinematic nya dong, ah me likely! Colorful ini awalnya vendor dari Jogja, tapi kini merambah ke Jakarta. Range harganya untuk paket prewed 4-13 mio dan paket wedding 5-14 mio but all is exclude video cinemanya yg gue suka itu, dan paket video nya sendiri untuk prewed 3,5-7 mio dan untuk wedding 7.5-13 mio ergh.. mahal juga yaa kalo di total! KZL.

Colourful Photography
Phone/WA: 021-8303375 | Mail: colorfuljakarta@gmail.com | Address: Jalan tebet timur dalam 2e/6a Jak-Sel  | Web: www.colorfulphotocinema.com

D'Graphic Photography
OMG pardon mee guys, asli gue ampe bingung sendiri, lupa bingit deh dapet info vendor ini dari mana.. pokoknya ada aja nangkring cantik di folder laptop dan pas gue cek email juga ternyata gue ga ada request PL ke dia tapi di kirimin aja tu PL. Trus pas di teliti lebih jauh duengg ni vendor Bandung ye ternyata, ngeri ah ngajak ketemuannya takut rempong masalah transportasi dll. Dan review di dunia maya juga masih agak susah di temuin, entah karena nama brand nya yang susah untuk di caption google atau apa. Ya intinya gue gamau ambil pusing dengan segala keraguan lagi deh. Tapi asli sih bok harganya murcee bingit! nih ya gw share karena filenya kebetulan JPEG.



Daily Photo Studio
Kalo yang ini mah gausah penjang lebar ya, udah sering juga di bahas di blog capeng lainnya kan? Gausah di raguin lagi kualitas di kelasnya dan harganya juga masih hhmm afffordable sihh untuk kualitasnya.. paket prewed range nya 2,5-8 mio dan peket wedding range nya 8-21 mio. Tapiii rasanya masih bisa lebih murah dong yaaa untuk kualitas dan output yang begitu mah.. lagian agak sedikit kurang sreg juga sama hasil photonya, menurut gue tone warna nya pucet banget, gue lebih suka yang colourful sih..  Soo mari hunting lagiii! hehe dasar bride penuuh perhitungan :D

Daily Photo Studio
Phone/WA: 0815-11107128 | Mail: dailyphotostudio@gmail.com | Address: Jl. Lenteng Agung Timur No.18-19 Jak-Sel | Web: www.dailyphotostudio.com

Delucce Photography
Awal tau info nya dari web bridestory dan weddingku, meskipun liat reviewnya belom banyak, tapi liat hasil photonya sukaaa bingit deh, elegant dan keliatan mahal kaya foto2nya Axioo, Tapi modal nekat karena suka dan mikir mudah2an ga mahal2 amat karena toh belom se terkenal Ayxioo juga ya bokk.. Akhirnya minta lah gue PL nya via email dannn jengjeng, beneran mahal.. hiks.. ga se-mahal Axioo juga sih, tapi tetep ga masuk di budget gue.. hiks syedih yee.. Range harga paket prewed 7,5-16 mio dan paket weddingnya 12-18 mio belum video tapi yaa.. paket videography nya sendiri di bundle 12,5 mio. Tapi kalo budget lo pada berlebih, its really worth to consider!

Delucce Photography
Phone/WA: 0812 932 932 03| Mail: my.delucce@gmail.com | Address: Jl. RC Veteran Route 66 no.13 Tanah Kusir - Bintaro, Jakarta Selatan | Web: www.delucce.com 


Delova Photography
Kalo vendor yang ini dapet rekomendasi dari mas Johnes wedding consultant dari gedung gue. Bagus sih hasil fotonya walau menurut gue tone warnanya agak kurang pas dengan selera gue. Tapi mas Johnes rekomenin kalo vendor ini emang profesional. Awalnya aja gue di kasih PL paket prewed range harganya 9,9-18,9 mio dan paket 13.9-23.9 mio. Gue komunikasi sama ownernya langsung nego via telfon, gue sebutin spesifikasi kebutuhan dan kemauan gue, lalu dia hitung2 lagi harga special versi clientnya mas Johnes tapiii masih ga masuk.. hiks. But once again, if you have more budget its worth to consider. 

Delova Photography
Phone/WA: 0812 9727 2217 | Mail: delovaphotography@yahoo.com | Address: Tangerang | Web: www.delovaphotography.com 


Fish Photo
Nemu vendor ini dari review beberapa blog capeng yang asli bikin ngilerr. Karena mereka puas dan hasilnya emang beneran baguss bangett ya gue liat. Udah gitu harganya juga bokk bikin ngiler! Hahaha pokoknya ini vendor asli banget deh bikin ngilernya, makanya gue sama Riski tanpa ba bi bu langsung cus nyamperin ke lokasinya yang kebetulan masih deket Tangerang, which is Jakarta Barat. Nyampe sana kita di layanin sama mba Vera adiknya mba Sofie si make up artis kece istrinya owner Fish Photo. Jadi studio nya Fish Photo ini gabung sama salon nya Sofie Make Up, dan paket keduanya juga suka di kolaborasikan, dimana paket photography prewedding include MUA nya mba sofie which is itu yang menurut gue jadi benefit banget. Hasil fotonya aja udah kece, eh di make up in sama MUA kece pula, beuh! Pas dateng ke studio nya juga mba Vera enak banget jelasinnya sampe kita betah berlama-lama disana puas nanya2 dan liat2 berasa di rumah sendiri, pokoknya jatuh cinte banget deh gue sama smua komponen Fish ini kecualiiii jeng-jeng.. kualitas video nyaaaa yang masih miniDV! Mereka belom bisa provide bikin video cinematic even gue pengen bayar lebih.. aarrghh.. Sedangkan gue ngidem banget pengen punya video wedding cinematic kan yaa.. hiks.. Oiya range harganya untuk paket prewed 850rb - 3,5 mio dan paket weddingnya 6,5-11,5 mio udah lengkap dan ga pelit output.

Fish Photo
Phone/WA mba Vera: 0878 8856 6085 | Mail: contact@fish-photo.net | Address: Jl. Kemanggisan Utama II No. 22 Jak-Bar | Web: www.fish-photo.net


Imaji Photoworks
Sekali lagi nyasar ke vendor Bandung gara-gara di setanin temen deket gue bernama Intan, dia mau merried juga Mei tahun ini dan dia bilang kalo dia naksir banget sama hasil photo preweddingnya Imaji ini, dia tunjukin instagramnya ke gue dan beneran gue jadi suka juga! Lucu-lucu banget deh, liat aja ig nya: imajiphotoworks. Dan suka juga sama harganya, muraaah, mungkin karena belom profesional juga ya, seperti masih photographer lepasan aja. Gue langsung juga line-an sm si photograpernya ini, baik dan asik orangnya. Sayangnya karena mereka di Bandung, jadi ribet masalah uang transportasi dan akomodasi. Ownernya nyaranin kalo gitu ambil prewed nya aja di Bandung, hmm boleh juga gue pikir, secara boring juga prewed di Jakarta ini. Tapi sayangnyooo si Riski gamau ribet pisah vendor photo dan juga prewed ke Bandung. Range harga paketan preweddingnya 3,5 mio dan weddingnya 4,5 mio kurang murah apalagi coba? haha.

Imaji Photoworks
Phone/WA mas Donnie: 0878 2111 6778 | Mail: donnie_cikur@yahoo.com

Kebon Photo 43
Ini lagi deh ah udah bosen kali ya di bahas hampir di setiap blog capeng ahaha lebay. Ya pokoknya begitulah, siapa sih capeng yang gatau Kebon Photo ini ya kaan. Gausah di ragukan lagi ke-profesionalitasan dan kualitasnya. Ga perlu lah ya gue jabarin lagi. Range harganya juga masih affordable untuk kelas yang udah bagus gini, paket prewed 4,75-7 mio dan paket wedding 13,5-29,5 mio. Cuma ada aja ya yang bikin ga jodoh, agak susah komunikasi dengan pihak Kebon Photo ini dan setelah gue total sendiri sesuai kebutuhan gue ternyata masih agak overbudget -_-

Kebon Photo 43
Phone/WA: 0856 731 6633 | Mail: ariesta43@yahoo.com | Address: Jl. Baret Biru III No.43 RT007/03 Cijantung, Jakarta Timur  | Web: www.kebonfoto43.com

Kontiki Photography
Ini jugaa salah satu vendor yang sering beredar di review para capeng. Jadi gue gausah bahas lagi lah ya. Temen gue juga pernah pake dia waktu nikah Mei 2014 kemarin dan super puas. Sayang minusnya vendor hits itu mungkin yaa jadi susah sekali diajak komunikasi, aargh gue jadi pengen vendor pendatang baru aja deh kalo udah gini, tapi was-was juga, errgh. Udah gitu termasuk rempong masalah transportasi juga deh karena lokasi gue di Tangerang dan dia vendor Bandung, padahal dia udah punya kantor juga kok di Jakarta dan temen gue yang nikah di Jakarta gapake charge lokasi lagi. Entah lah, mungkin lagi2 ini yang namanya ga jodoh. Range harganya 10,85-24,5 mio untuk paket yang bervariasi, mulai dari prewed, lamaran, siraman, sampe liputan hari H.

Kon-tiki Photography
Phone/WA: 0813 2227 7222 | Mail: kontikiriri@hotmail.com | Address: Jl. Utan Kayu 13c, Jakarta Timur  | Web: www.kontikiphotography.com

Larva Pictures
Biar cepet, cape juga ngetiknya ga kelar-kelar dari tadi, jadi langsung aja ya gue bocorin kalo finally inilah vendor photography pilihan kitaaa..!! yeaay.. pembahasannya biar lebih puas di next posting aja ya guuys ;)

Larva Pictures
Phone/WA: 0816 777 426 | Mail: larvapictures@gmail.com | Address: Jl. Gerbang Sari no.77 Bambu Apus Jakarta Timur  | Web: www.larvapictures.com

Lightbrush Photo
Yang ini juga ga perlu di jelasin lagi kayaknya ya, udah banyak review bagusnya dan lagi vendor ini nih yang di pake dokumentasi dan video weddingnya Dian Pelangi yang liat di youtube bagus. Tapi sayang mereka cuma nyediain jasa dokumentasi doang deh, paket prewed nya ga ada. Dan harganya overbudget di gue. Paket dokumentasinya doang start from 15mio. Tapi owner nya baik banget, dan namanya sama ama gue, hehe. Baru-baru kemarin dia emailin lagi ada promo, mayan banget sih harga promonya untuk kelas Lightbrush menurut gue. Tapi sayang gue udah keburu deal sama Larva. Buat yang masih hunting, cuss cekidot!

Lightbrush Photo
Phone/WA: 0818 0207 3779 | Mail: marketing@light-brush.com | Address: Jl. Sindang Raya No.6 Jati - Rawamangun  Jakarta Timur | Web: www.lightbrushphoto.blogspot.com

Pictures by OWMO
Vendor yang ini juga hasil karyanya bagus dan gue sukaa. Budget juga masuk, range harga paket prewed 3,5-6 mio dan paket wedding 5,5-13,5 mio tapi semua belum include video, paket video nya sendiri range 5-16 mio, ada juga paket yang bundle smua dengan range harga 14,5-30 mio. Cuma gue lupa kenapa bisa ga jodoh sama vendor ini. Hmm, pardon me yaa, mungkin udah kepanjangan ngetik juga ni.. haha. Tapi asli its also woth to consider. Kepoin sendiri aja ig dan webnya yah.

Pictures by OWMO
Phone/WA: 0812 1874 7511 | Mail: picturesbyowmo@gmail.com | Web: owmo.tumblr.com

Thepotomoto
Huaah akhirnya kelar jugaa bahasin satu-satu walaupun singkat tapi pegel juga yee. Last but not least, vendor ini gue dapet dari hasil browsingan, harganya lumayan oke walau harus di nego lagi, dan hasil photo juga agak kurang cocok dengan selera gue jadi ga gue follow up lagi deh. Tapi jangan sedih, coba aja cek dulu web nya siapa tau cocok dengan selera kalian. Di web nya juga lengkap loh dia ga pelit buat ngantumin PL disitu dan bisa di download pula.

Thepotomoto
Phone/WA: 0813 1537 7979 | Mail: support@thepotomoto.com | Web: www.thephotomoto.com

Thursday, May 14, 2015

Kisah Galau Milih Vendor Photography

Ini adalah cerita yang udah lumayan lama, hehe maaf ya males update. Cerita ini terjadi saat pengetahuan gue tentang pemilihan vendor phorography wedding masih culuuun banget. Karena emang belom ada niat buat nyari juga. Gue cuma tau kalo vendor photography itu mahalnya sampe 20an mio. Lalu kejadian lah di suatu hari minggu di awal bulan maret tapi lupa dah tu tanggal berapa, pokoknya dari pagi buta gue ama Riski udah berangkat ke daerah Car Free Day di sekitaran Bunderan HI sana karena Riski ada tugas jaga booth dari kantornya, kelar jam 11 langsung cabut ke Sanggar Diamond di daerah Pejaten buat first survey yang akan gue ceritain nanti. Abis dari situ kita langsung cabut ke Living World Alam Sutera karena lagi ada wedding fair. Ga gitu rame dan lengkap sih wedding fair nya kaya di JCC kemarin, tapi mayan lah.. Kita awalnya cuma pengen liat-liat iseng sambil lebih fokus ke nyari salon/sanggar tapi ternyata wedding fair nya lebih bertema internasional dimana mostly vendor salon/sanggar nya itu ya bridal salon yang ga punya kebaya dan keperluan nikah tradisional. Hopeless nyari sanggar atau salon yang lebih bisa tema adat tradisional, akhirnya kita nyari vendor lain aja yaitu photography.

Carol Bridal Photo adalah vendor photography yang menarik kita untuk berlama-lama di stand nya pada waktu itu. Banyak banget penawaran menarik yang di tawarkan sebagai promo dan bonus pameran. Si marketing dan juga photographer nya yang bernama Ipang Tapal waktu itu aktif banget ngebujuk kita buat pake jasa photography nya untuk pre-wedding dan juga dokumentasi wedding kami. Kita yang tadinya iseng ngeliat sekilas doang dan mau langsung cabut malah jadi kepaksa duduk dan kemakan rayuan nya. Mas Ipang bilang kalo dia adalah photographer profesional yang sudah berpengalaman kerja di vendor-vendor photography ternama di Jakarta, dia mengaku sering terlibat dalam pemotretan di ajang miss Indonesia something, dia juga mengaku kalo wedding clip nya Dian Pelangi yang pernah saya liat bagus di youtube itu adalah karyanya tapi karena dulu dia kerja sama orang jadi tidak boleh meng-copy atau mengklaim sebagai karya nya sendiri. Lalu dia bilang baru sekarang ini lah dia berdiri sendiri bangun usaha photography bersama teman-temannya. Pokoknya buanyaaaak sekali deh omongannya mas Ipang ini hingga bikin kami merasa tergiur. Di tambah lagi paket dan harga yang di tawarkan emang menarik banget! Berikut detail hasil nego dengan dia ya:

Paket photo prewedding: 5 mio
20 best photo edit
1 Album 10 Sheet (20 Halaman) Ok. 20x30cm
Make Up + Hair Do selama sesi pemotretan
1 Gaun Pengantin + 1 Jas Pengantin untuk Photo
2 Gaun malam untuk photo
Casual dari customer
Charge lokasi dan transportasi ditanggung customer
1 DVD all shot
1 Kanvas Uk 50x70cm + Frame

Paket dokumentasi: 5,5 mio
1 Photographer
1 Cameraman DSLR 60D
2 Album 10 Sheet (20 Halaman) Ok. 20x30cm
1 DVD Liputan

Bonus:
Video Love Story for Pra wedding session
Video SDE
2 buah music box (bisa di masukin cetakan 4R buat di pajang di gallery photo pas acara katanya)
1 buah benner (nego, jadi dapet 2 kanvas Uk 40x50 +  frame aja buat preweddingnya)

Kalo di pikir-pikir manarik banget kaan? soalnya di wedding fair JCC kemarin sempet nanya-nanya juga ke vendor photography dan mereka menyebutkan price diatas 20 mio semua. Udah gitu ga ada satu pun yang nyanggupin bikinin kami Same Day Edit (SDE) video walaupun menambah bayar dengan harga SDE sekitar 3-5 mio, karena waktu acara kita yang terlalu tight yaitu akad jam 8 dan resepsi jam11. FYI, SDE adalah video edit rangkaian acara akad untuk di tampilkan pada saat resepsi di big screen. Mereka bilang kalo waktunya terlalu tight gitu, jadi takut kehilangan moment yang lain karena sibuk ngedit. Karena minimalnya pembuatan SDE itu memerlukan waktu lebih dari 4 jam jarak acara, misal akad pagi dan resepsi malam. Nah, ini Carol Bridal Photo kok malah nyanggupin, dan gratis bok! gimana gak tergiur cobaaa? Lalu di bilang lah kalo semua bonus hanya berlaku selama saja, which is musti DP sekarang 30%. Ergh, lumayan juga yaa, gue kan type orang yang kalo mau beli barang itu mesti mempertimbangkan dan mencari review nya dulu, jadi gue sempet bilang "nanti dulu deh, minta pendapat dan dana nya dulu sama ortu, kalo emang oke minngu depan saya mampir ke gallery nya sekalian DP" Lalu dia bilang "yah kalo gitu mah bonusnya beda lagi, ini kan cuma bonus pameran, udah DP aja dulu 500rb, baru minggu depan main ke gallery sama ortunya bayar full DP 30% nya" lalu gue pikir oh yaudahlah kalo gitu, daripada nyesel kan lumayan banget penawarannya. Biar cepet juga udah cape banget keluar rumah dari pagi buta sampe sore, yaudah gesek dah tu 500rb.

Besok nya sampe seminnggu kedepan tiap ada waktu senggang di kantor gue browsing abis-abisan tentang Carol Bridal Photo, mas Ipang Tapal dan juga segala hal tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan vendor photography. Gue jadi ngerti deh gimana sih kualitas photography yang bagus dalam segi service dan karya dan juga range harganya, lalu gue pun mulai ragu dengan vendor ini karena gue ga menemukan banyak bahasan atau review tentang Carol Bridal Photo dan juga mas Ipang Tapal. Ya oke emang Carol Bridal Photo baru, tapi masa mas Ipang dengan segala omongan manis nya yang menggambarkan kalo dia adalah photographer profesional dan ternama sejak dulu kok ga ke rekam sama sekali ya eksistensi dan karya nya di dunia maya. Saya hanya menemukan account pribadinya di FB dan youtube yang buat saya berkomentar "udah gini doang?" yah, menurut saya ga sinkron lah dengan smua omongan besar nya kemarin. Untuk memastikan dan menenangkan jiwa, saya watsapp orangnya langsung sekalian jawab pertanyaan dia yang minta konfirmasi jadi datang ke gallery untuk bayar sisa DP ga. Dan di luar dugaan jawabannya ga enakin gitu, terkesan emosian dan sombong. WTF dude, i'm your customer..! Sebagai lulusan jurusan bisnis gue familiar banget dengan quotes "pelanggan adalah raja" did you? katanya profesionaal mas.. apa salahnya kalo bilang gue ragu? kenapa ga bisa jawab dengan tenang dan meyakinkan sehingga bisa menenangkan dan menghilangkan keraguan gue? 

Jadi dengan begitu gue makin fix ragu dong yaa.. langsung deh gue curhatin semuanya ke Riski dan nyokap. Nyokap lempeng aja bilang "yaudah kalo emang ragu tinggalin aja, gausah disamperin lagi, cari yang emang bagus dan ga meragukan, budget bisa di sesuaikan asalkan emang yakin bagus dan sesuai" nyokap gue emang paling oke deh, langsung tenang gue, Love you Ibu. Abis itu giliran Riski yang ikutan kesel baca chat gue sama mas Ipang dan denger cerita hasil browsingan gue tentang penilaian photography profesional beneran. Dia pengen banget tetep nyamperin mas Ipang itu buat sekedar ngomel dan batalin kontrak. Tapi sayang karena paginya ada perlu dulu jadi ke sorean deh ga sempet ke Carol, dan jadinya gue watsapp aja mas Ipang nya dengan sopan dan panjang lebar minta maaf juga karena ga bisa jadi dateng dan gajadi pake jasa photographynya, soal DP pun kami ikhlaskan. Lalu cuma di bales "Oke mba kalo gitu, Thanks ya" -______________-

Tapi guys, biar bagaimana pun postingan gue ini hanya sekedar mengisahkan pengalaman galau gue ya, gue ga bermaksud menjelekan apalagi sampai memutus rezeki vendor ini. Gue ga bisa bilang bagus atau ngga hasil karya ataupun review kepuasan kerjasama dengan vendor ini setelah pemakaian karena gue emang gajadi make dia. Tapi gue lebih baik mengikuti feeling keraguan gue aja deh dari pada nyeselnya belakangan dan lebih sakit lagi. Buat yang kebetulan baca ini karena lagi cari referensi atau review tentang vendor ini, jangan di telan bulat-bulat ya, silahkan pertimbangkan juga referensi dari yang lainnya karena sekali lagi ini hanya tentang keputusan dari keraguan gue, bukan berati vendornya yang jelek juga kan, siapa tau gue salah. But i still choose happy to follow my feeling hehehe :)